Abstrak


Corporate Governance dan Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediasi


Oleh :
Anisa Nuzul Rahmawati - F1317005 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan menggunakan Variabel Mediasi yakni Kinerja Keuangan. Dalam penelitian ini, Corporate  Governance diproksikan dengan Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen, Nilai Perusahaan diukur  menggunakan Tobin’s Q, serta Kinerja Keuangan diukur menggunakan Return On Asset dan Return On Investment.
Populasi penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Perkebunan yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 - 2018. Dalam pengambilan sampel, penelitian ini  menggunakan metode Purposive Sampling dengan beberapa criteria yang telah ditentukan. Jumlah data Perusahaan yang terpilih berjumlah 12, sehingga total pengamatan dalam  penelitian ini adalah 60. Analisis data yang digunakan merupakan analisis regresi data panel yang diproses menggunakan software Eviews. Metode analisis data yang digunakan berupa Statistik Deskriptif, Penentuan Teknik Model Estimasi Regresi, dan Analisis Jalur (Path Analysis) untuk mengetahui pengaruh Variabel Mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh langsung terhadap Nilai Perusahaan, sementara Komisaris Independen memiliki pengaruh langsung terhadap Nilai Perusahaan. Hasil lainnya menunjukkan bahwa hubungan antara Kepemilikan Institusional dan Nilai Perusahaan dapat dimediasi dengan Kinerja Keuangan yang diukur menggunakan Retun On Asset dan Return On Investment, sedangkan hubungan Komisaris Independen terhadap Nilai Perusahaan tidak dapat dimediasi oleh Kinerja Keuangan.

Kata Kunci : Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Nilai Perusahaan, Return On Asset, Return On Investment