Abstrak


Hubungan Stres Kerja dengan Tekanan Darah pada Pekerja di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat (Jakarta - Bandung) Section 1


Oleh :
Mita Hanifah - R0017075 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK


Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan stres kerja dengan tekanan darah pada pekerja di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat (Jakarta – Bandung) Section 1.
Metode :Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pekerja proyek PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat (Jakarta – Bandung) Section 1 dengan populasi sebanyak 63 orang, kemudian pemilihan sampel secara purposive sampling yang kemudian diambil sampel random minimum dengan hasil 40 responden. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji statistik Spearman Rank dengan menggunakan program SPSS versi 23.0.
Hasil :Hasil uji statistik Spearman Rank diperoleh hasil p value = 0,000, sehingga p < 0 xss=removed>

Simpulan :Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan stres kerja dengan tekanan darah pada pekerja PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat (Jakarta – Bandung) Section 1.

Kata kunci : Stres Kerja, Tekanan Darah, Hipertensi