Abstrak


Evaluasi Beban Kerja dalam Upaya Penentuan Tenaga Kerja Optimal pada Inspektor Lapangan Quality Assurance PT. Bukit Muria Jaya Kudus


Oleh :
Noviana Ristika Sari - R0017083 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Latar Belakang : Jumlah tenaga kerja suatu jabatan harus seimbang dengan beban kerja jabatan tersebut.Analisis beban kerja sangat diperlukan pada semua perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai beban kerja pada setiap pekerja jabatan inspektor lapangan PT. Bukit Muria Jaya Kudus untuk dapat mengevaluasi jumlah tenaga optimal pada jabatan tersebut.

Metode : Penelitian deskriptif ini dengan menggunakan metode yang diterapkan oleh perusahaan yaitu metode Workload Analysis untuk mengevaluasi mengenai beban kerja inspektor lapangan Quality Assurance PT. Bukit Muria Jaya Kudus.

Hasil :Tenaga kerja pada jabatan inspektor lapangan Quality Assurance PT. Bukit Muria Jaya Kudus memiliki beban kerja melebihi 100?n diperlukan tambahan 1 orang pekerja untuk mengurangi nilai beban kerja tersebut. Namun, PT. Bukit Muria Jaya Kudus telah melakukan beberapa pengendalian guna meminimalisir terjadinya kelelahan kerja akibat nilai beban kerja yang berlebih.

Simpulan : Diperlukan penambahan tenaga kerja pada jabatan inspektor lapangan Quality Assurance PT. Bukit Muria Jaya Kudus sebanyak 1 orang tenaga kerja atau pemberian insentif pada 4 orang tenaga kerja sesuai dengan nilai beban kerja yang berlebih.

Kata kunci : Beban Kerja, Work Load Analysis