Abstrak


Evaluasi Implementasi Keselamatan Kerja pada Penggunaan Scaffolding Jenis Modular sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Section 3


Oleh :
Nunik Asri Ambarwati - R0017084 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Latar Belakang : Perancah atau scaffolding merupakan salah satu unsur penting dalam pengerjaan struktur bangunan di suatu proyek konstruksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi penerapan keselamatan kerja berdasarkan AS/NZS 1576:1995 tentang Pedoman bagi Scaffolding dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER.01/MEN/1980 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Konstruksi Bangunan pada penggunaan scaffolding jenis modular di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Section 3.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yakni menggambarkan penerapan keselamatan kerja pada penggunaan scaffolding jenis modular di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Section 3.
Hasil : Perusahaan telah menerpakan keselamatan kerja pada pemasangan, penggunaan dan pembongkaran scaffolding jenis modular melalui segi Man, Material, Methode, Mechine dan Environment (4M1E) melalui program-program keselamatan kerja yang telah dilakukan berdasarkan evaluasi implenentasi keselamatan kerja pada penggunaan scaffolding jenis modular.
Simpulan : Perusahaan telah berkomitmen dalam menerapkan keselamatan kerja pada penggunaan scaffolding jenis modular melalui pemenuhan standar sesuai dengan AS/NZS 1576:1995 tentang Pedoman bagi Scaffolding dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER.01/MEN/1980 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Konstruksi Bangunan.
Kata Kunci : Scaffolding Modular, Teori Domino