Abstrak


Strategi Pemasaran Bekatul Beras Merah Instan di Cv Pantiboga Natural Food Specialist Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Widya Ayu Pradani - H0814139 - Fak. Pertanian

RINGKASAN

Widya Ayu Pradani. H0814139. “Strategi Pemasaran Bekatul Beras Merah Instan Di CV. Pantiboga  Natural Food Specialist Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar”, di bawah bimbingan Dr. Ir. Mohamad Harisudin M.Si. dan Isti Khomah S.P., M.Si. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan memiliki peran yang sangat penting. Padi (Oryza sativa) merupakan salah satu tanaman pangan yang menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Salah satu jenis beras yang dikonsumsi yaitu beras merah. Beras merah yang digiling akan menghasilkan bekatul beras merah yang merupakan bagian terluar atau kulit ari beras merah. CV. Pantiboga Natural Food Specialist merupakan agroindustri di Desa Ploso Tengah, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar yang menghasilkan produk olahan dari bekatul beras merah yang diberi nama bekatul beras merah instan. Dalam perkembangannya, CV. Pantiboga Natural Food Specialist memiliki beberapa masalah terkait dengan pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, merumuskan alternatif strategi pemasaran, dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran bekatul beras merah instan di CV. Pantiboga Natural Food Specialist.
Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan adalah  data  primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan pencatatan. Sumber informan terdiri dari pemilik Perusahaan, manajer, perantara pemasaran, konsumen, dan kepala Diskopperindag Kabupaten Karanganyar. Metode analisis data menggunakan analisis matriks IFE, EFE, Strategi Besar, SWOT dan QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis matriks IFE agroindustri bekatul beras merah instan di CV. Pantiboga Natural Food Specialist tergolong kuat dalam memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan dengan nilai 2,733. Hasil dari matriks EFE juga menunjukkan bahwa CV. Pantiboga Natural Food Specialist tergolong kuat dalam menarik keuntungan dari peluang dan menghindari ancaman dengan nilai 2,822. Posisi CV. Pantiboga Natural Food Specialist berada pada kuadran 1 yang mendukung Perusahaan melakukan strategi agresif, yang meliputi strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, strategi penetrasi pasar, strategi integrasi ke belakang, strategi integrasi ke depan, maupun diversifikasi terkait. Berdasarkan hasil matriks SWOT diperoleh empat alternatif strategi yang selanjutnya dinilai daya tariknya pada matriks QSPM. Nilai daya tarik (TAS) tertinggi sebesar 5,794 yaitu strategi meningkatkan kualitas produk dalam  dalam rangka mempertahankan loyalitas pelanggan dan memperoleh pelanggan baru. Strategi tersebut dapat menjadi prioritas bagi CV. Pantiboga Natural Food Specialist.