Abstrak


Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dan Kesantunan Dalam Fan Page Kostum (Sebuah Pendekatan Pragmatik)


Oleh :
Rahman Fadhillah - C0213055 - Fak. Ilmu Budaya

Rahman Fadhillah. C0213055. 2020. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Kesantunan dalam Fan Page KOSTUM (sebuah pendekatan pragmatik). Skripsi Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Sebelas Maret Surakarta.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana wujud pelanggaran prinsip kerja sama pada fan page KOSTUM? dan (2) bagaimana wujud pelanggaran prinsip kesantunan pada fan page KOSTUM? 
Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mendeskripsikan wujud pelanggaran prinsip kerja sama yang ada  pada fan page KOSTUM, dan (2) mendeskripsikan wujud pelanggaran prinsip kesantunan pada fan page KOSTUM. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian adalah komik yang berasal dari fan page KOSTUM pada bulan September 2018 sampai November 2019. Sumber data diperoleh dengan mengunduh gambar dari fan page KOSTUM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak. Penelitian ini menggunakan metode analisis kontekstual. Metode penyajian hasil analisis data bersifat infomal.
Hasil analisis penelitian ini adalah adanya pelanggaran maksim kuantitas, kualitas, relevansi, dan pelaksanaan pada prinsip kerja sama serta maksim kebijaksanaan, kemurahan, penerimaan, kerendahan hati, kecocokan, dan kesimpatian pada Prinsip kesantunan dalam fan page KOSTUM.
Kata kunci: Pelanggaran prinsip kerja sama dan kesantunan, fan page KOSTUM