Abstrak


ANALISIS PROFITABILITAS USAHA AYAM PETELUR (STUDI KASUS DI CV. SARI MAKMUR FARM KABUPATEN SUKOHARJO, JAWA TENGAH


Oleh :
Ni Made Dwi Sylvia Saraswati - H0815087 - Fak. Pertanian

RINGKASAN
Ni Made Dwi Sylvia Saraswati. H0815087. 2020. “Analisis Profitabilitas Usaha Ayam Petelur (Studi Kasus Di CV. Sari Makmur Farm, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah)”. Dibimbing oleh Prof Dr. Ir. Endang Siti Rahayu. MS. dan  Setyowati, S.P., M.P. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Telur merupakan salah satu bahan pangan hewani yang paling lengkap gizinya. Telur ayam juga merupakan makanan termurah sumber protein yang lengkap. Desa Polokarto merupakan desa yang memiliki jumlah ayam petelur terbanyak di Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
CV. Sari Makmur Farm memiliki persoalan yang masih menjadi kendala dan banyak dikeluhkan oleh para pelaku usaha bisnis ayam petelur lainnya dalam proses produksi. Permasalahan tersebut diantaranya kondisi kesehatan ayam yang rentan yang menyebabkan produksi telur mengalami penurunan dan persoalan tingginya harga ransum pakan ayam yang tinggi, dimana harga ransum pakan ayam tinggi ini mempengaruhi besarnya biaya produksi. Bagi perusahaan umumnya mempunyai tujuan paling utama adalah mendapatkan keuntungan yang optimal. Meskipun demikian masalah profitabilitas adalah lebih penting daripada masalah laba, karena laba yang besar saja belumlah merupakan ukuran bagi perusahaan tersebut telah bekerja dengan efisien. Efisien baru dapat diketahui dengan membandingkan laba usaha perusahaan tersebut atau dengan kata lain menghitung profitabilitasnya. Profitabilitas sebagai indikator kinerja yang dilakukan manajemen dalam mengelola kekayaan perusahaan yang ditunjukan oleh laba yang dihasilkan. Rasio profitabilitas ini dapat dikatakan sampai sejauh mana keefektifan dari kesuluruhan manajemen dalam menciptakan keuntungan bagi perusahaan.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di CV. Sari Makmur Farm. Metode penentuan lokasi secara purposive. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, pencatatan, dan dokumentasi.  Metode analisis usaha menggunakan konsep biaya, penerimaan dan keuntungan. Metode analisis profitabilitas menggunakan beberapa jenis rasio profitabilitas yaitu: Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TAT), dan Return on Investment (ROI).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 34.362.473.413. Keuntungan yang diperoleh CV. Sari Makmur Farm sebesar Rp 11.666.550.831. Nilai analisis profitabilitas yaitu nilai Gross Profit Margin (GPM) sebesar 25,34% artinya perusahaan relatif cukup efisien dalam memperoleh keuntungan. Nilai Net Profit Margin (NPM) sebesar 13,66%, artinya relatif lebih menguntungkan daripada usaha-usaha sejenis didalam industri yang bersangkutan. Nilai Total Assets Turnover (TAT) sebesar 184,80% artinya perusahaan sangat efisien dalam menggunakan modalnya. Nilai Return on Investment (ROI) sebesar 25,25% yang menunjukkan bahwa keuntungan setelah pajak yang didapatkan adalah sebesar 25,25% artinya semakin tinggi rasio ROI maka semakin baik keadaan suatu usaha.