Abstrak


Pengaruh Pemberian Cincau Hijau (Premna Oblongifolia Merr.) terhadap Penderita Hipertensi Pekerja Normal Day Unit Produksi PT Kusumaputra Santosa, Karanganyar


Oleh :
Alfiqa Restuilla Ayuputri - R0216007 - Sekolah Vokasi


ABSTRAK


Latar  Belakang:  Tekanan  darah  tinggi  atau  hipertensi  tergolong  kedalam
Penyakit Tidak Menular (PTM). Berdasarkan survey awal oleh peneliti terhadap
20 pekerja yang hadir, sebesar 9 responden tergolong penderita hipertensi dan 2 orang merupakan penderita pre-hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh cincau hijau terhadap pekerja penderita hipertensi di PT Kusumaputra Santosa, Karanganyar.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan metode Pre-Experimental Design rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan sebanyak 31 orang dari total populasi 110 orang pekerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sfygnomanometer untuk mengukur tekanan darah sistolik dan diastolik  pekerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Paired T-Test untuk yang terdistribusi normal dan uji wilcoxon untuk yang terdistribusi tidak normal.

Hasil:  Berdasarkan  hasil  uji  statistik menggunakan  uji  Paired T-Test dan  uji Wilcoxon,  didapatkan  hasil  keseluruhannya  yaitu  p-value  <0>

Simpulan: Berdasarkan penelitian ini diketahui adanya pengaruh pemberian cincau hijau terhadap penderita hipertensi pekerja normal day unit produksi PT kusumaputra Santosa, Karangnyar. Konsumsi cincau hijau secara rutin dapat dijadikan solusi pengobatan bagi penderita pre-hipertensi maupun penderita hipertensi derjat I, II, dan III.


Kata   Kunci   :   Cincau   Hijau,   Tekanan   Darah,   Penderita   Hipertensi,   PT Kusumaputra Santosa, Karanganyar.