Abstrak


Hubungan Kadar Debu Kapas, Penggunaan APD Masker dengan Keluhan Subjektif Saluran Pernapasan Pekerja di PT. Kharisma Parwitex Karanganyar


Oleh :
Andi Nur An Nasa’ie - R0216011 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK


Latar Belakang : PT. Kharisma Parwitex Karanganyar merupakan industri yang bergerak di bidang tekstil yang memiliki bagian produksi twisting-doubling, weaving, warping dan garuk. Pada bagian produksi tersebut pekerja terpapar debu kapas yang dapat menyebabkan keluhan subjektif saluran pernapasan. Sebenarnya untuk mencegah keluhan subjektif saluran pernapasan perusahaan telah menghimbau pekerja untuk menggunakan APD masker yang berjenis disposable mask. Menurut (ILO) penyebab kematian yang berhubungan dengan pekerjaan sebesar 34?alah penyakit kanker, 25% kecelakaan, 21% penyakit saluran pernapasan, 15% penyakit kardiovaskuler, dan 5% disebabkan oleh faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar debu kapas, penggunaan APD masker dengan keluhan subjektif saluran pernapasan pekerja di PT. Kharisma Parwitex Karanganyar.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analytic, dengan desain cross sectional. Responden penelitian dari pekerja bagian produksi twisting- doubling,  weaving,  warping  dan  garuk di  PT. Kharisma Parwitex  sejumlah  52 responden dari 90 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat High Volume Sampler (HVS) untuk mengukur kadar debu kapas, lembar observasi untuk mengukur penggunaan APD masker dan kuesioner ATS-DLD-78 A untuk mengukur keluhan subjektif saluran pernapasan. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Somers’d dan uji Regresi Ordinal.

Hasil : Hasil uji korelasi Somers’d terdapat 2 variabel yang berhubungan signifikan dengan keluhan subjektif saluran pernapasan yaitu kadar debu kapas (p= 0.012), nilai arah korelasi (+), dan koefisien korelasi 0.321. penggunaan APD masker (p= 0,018) nilai arah korelasi (-) dan koefisien korelasi 0,302. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan uji Regresi Ordinal menunjukkan variabel kadar debu kapas paling berpengaruh dengan keluhan subjektif saluran pernapasan dengan (p= 0,045) dan Exp (B)= 4,009.

Simpulan : Terdapat hubungan signifikan kadar debu kapas, penggunaan APD masker dengan keluhan subjektif saluran pernapasan pekerja di PT. Kharisma Parwitex Karanganyar.

Kata Kunci : Kadar debu kapas, Penggunaan APD masker dan Keluhan Subjektif
Saluran Pernapasan.