Abstrak


Pengaruh Independensi dan Skeptisisme Profesional Auditor Terhadap Audit Judgement dengan Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta)


Oleh :
Mochamad Husni Wahdana - F1318042 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh independensi dan skeptisisme profesional auditor terhadap audit judgement melalui studi pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta, serta untuk mengetahui sejauh mana kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual dapat memperkuat hubungan antara Independensi dan Skeptisisme Profesional Auditor terhadap Audit Judgement. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Convenience Sampling, dengan jumlah sampel 50 auditor di KAP Surakarta dan Yogyakarta. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan  menggunakan kuisoner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan pengujian uji regresi berganda dan uji interaksi. Tujuan dilakukannya 2 kali pengujian untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan variabel independen dan variabel moderasi secara bersama-sama.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Independensi Auditor dan Skeptisisme Profesional Auditor berpengaruh positif terhadap Audit Judgement. Hasil lain menunjukkan bahwa Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dapat memoderasi atau memperkuat pengaruh Independensi Auditor dan Skeptisisme Profesional Auditor terhadap Audit Judgement.

Kata kunci: Independensi Auditor, Skeptisisme Profesional Auditor, Audit Judgement, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Moderasi