Abstrak


Pengaruh Persepsi Pegawai Tentang Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kejaksaan Tinggi Jawa Barat


Oleh :
Riska Indah Nurmeilia - K7516059 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi pegawai tentang gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Kejaksaan Tinggi Jawa Barat; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Kejaksaan Tinggi Jawa Barat; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Kejaksaan Tinggi Jawa Barat; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. .
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional/asosiatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 278 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik proportional sampling dengan sampel yang diambil sebanyak 74 responden. Data yang diperoleh dari penelitian ini kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS 24. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, H1 menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai yang berarti Ho diterima dan H1 ditolak. H2 menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai yang berarti Ho ditolak dan H3 diterima. H3 menunjukkan bahwa disiplin kerja paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai yang berarti Ho ditolak dan H2 diterima. H4 menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja memiliki pengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai yang berarti Ho ditolak dan H3 diterima.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai