Abstrak


Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pengadilan Negeri Wonogiri


Oleh :
Sindi Fatikasari - K7516065 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh : (1) Komitmen organisasi terhadap motivasi kerja karyawan Pengadilan Negeri Wonogiri, (2) Kepuasan kerja terhadap motivasi kerja karyawan Pengadilan Negeri Wonogiri, dan (3) Komitmen organisasi dan kepuasan kerja karyawan secara simultan terhadap motivasi kerja karyawan Pengadilan Negeri Wonogiri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh karyawan Pengadilan Negeri Wonogiri berjumlah 47. Sampel berjumlah 47 karyawan diambil dengan teknik sensus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan analisis dokumen, dengan melakukan uji coba angket kepada 20 karyawan Pengadilan Negeri Karanganyar. Teknik  analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan SPSS 16 dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, temuannya adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komitmen organisasi terhadap motivasi kerja. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,701 > 2,015) pada taraf signifikan 5%, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (3,166 > 2,015) pada taraf signifikan 5%, dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komitmen organisasi dan kepuasan kerja secara simultan terhadap motivasi kerja. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (14,342 > 3,21) pada taraf signifikan 5%. Dengan sumbangan efektif komitmen organisasi (X1) sebesar 17,4%, sumbangan efektif kepuasan kerja (X2) sebesar 21,9?n sumbangan relatif komitmen organisasi (X1) 44,05%, sumbangan relatif kepuasan kerja (X2) 55,44%.

Kata kunci : Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja