Abstrak


Pengaruh Core Self-Evaluation dan Literasi Ekonomi Terhadap Minat Berwirausaha di SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020


Oleh :
Frela Wahyu Dewanti - K7616029 - Fak. KIP

Abstrak

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat berwirausaha pada siswa SMK. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara core self-evaluation dan literasi ekonomi secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha di SMK Batik 1 Surakarta; (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara core self-evaluation terhadap minat berwirausaha di SMK Batik 1 Surakarta; (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha di SMK Batik 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa bidang keahlian Bisnis dan Manajemen di SMK Batik 1 Surakarta dengan jumlah 147 siswa. Sampel yang digunakan sebesar 108 siswa dengan teknik proportional sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan persamaan regresi berganda sebesar Y = 37,164 + 0,314 X1 + 0,386 X2. Berdasarkan hasil analisis data pada penilitian ini dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara core self-evaluation dan literasi ekonomi secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Batik 1 Surakarta (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara core self-evaluation terhadap minat berwirausaha siwa bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Batik 1 Surakarta (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha siswa bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Batik 1 Surakarta.
Core self-evaluation dan literasi ekonomi yang tinggi pada siswa akan memiliki pengaruh terhadap minat siswa untuk berwirausaha. Siswa dituntut untuk lebih membangun core self-evaluation dalam dirinya dengan memiliki kepercayaan bahwa keberhasilan adalah hasil dari usahanya sendiri, mampu mengatasi masalah, dan mampu mengontrol emosinya. Guru juga dapat membantu meningkatkan core self-evaluation dan literasi ekonomi pada siswa melalui pemberian tugas yang mengedepankan ciri kepribadian core self-evaluation dan melakukan literasi disiplin kepada siswa.

Kata Kunci: Core Self-Evaluation, Literasi Ekonomi, Minat Berwirausaha