Abstrak


Pengaruh Pengetahuan Literasi Digital dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik di Surakarta


Oleh :
Warih Kusuma Hastuti - K7616069 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui pengaruh pengetahuan literasi digital terhadap kinerja UMKM Batik di Surakarta, (2) mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Batik di Surakarta, (3) mengatahui pengaruh pengetahuan literasi digital dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Batik di Surakarta.
Objek pada penelitian ini yaitu UMKM Batik di Surakarta yang menjadi Binaan Dinas Koperasi dan UKM Surakarta sebanyak 95 UMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan teknik analisis data regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan literasi digital terhadap kinerja UMKM Batik di Surakarta dengan nilai t hitung (2,321) > nilai t tabel (1,986). (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Batik di Surakarta dengan nilai t hitung (7,370) > nilai t tabel (1,986). (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan literasi digital dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Batik di Surakarta dengan nilai F hitung (39,858) > F tabel (3,095).

Kata kunci: Pengetahuan Literasi Digital, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Umkm.