Abstrak


Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Rangga Kusuma Handanu - K7715044 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan tanggung jawab siswa pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Karanganyar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya meliputi empat kegiatan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan menggunakan validitas isi dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan tanggung jawab siswa. Peningkatan tanggung jawab ini ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan. Hasil ini dapat dilihat dari presentase siswa yang memenuhi kriteria. Pada siklus I sudah mengalami peningkatan dari pra siklus akan tetapi belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga dilakukan siklus II. Tanggung jawab siswa pada sikul II mengalami peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Tanggung jawab pada indikator memperhatikan guru sebesar 82,35%, menghargai teman saat berpendapat sebesar 78,45%, disiplin dan kontrol diri sebesar 80%, kontribusi mengerjakan tugas sebesar 78,65%. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada kelas X Akuntansi 2 SMK Neger 1 Karanganyar.

Kata kunci: Numbered Heads Together, Tanggung Jawab