Abstrak


Hubungan Greed, Opportunity, Need, dan Exposure Dengan Tingkat Kecurangan Akademik Siswa (Studi Empiris Pada Siswa Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 3 Surakarta)


Oleh :
Ditta Sekar Melati - K7716016 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara keserakahan (greed) dan tingkat kecurangan akademik siswa; (2) hubungan amtara kesempatan (opportunity) dan tingkat kecurangan akademik siswa; (3) hubungan antara kebutuhan (need) dan tingkat kecurangan akademik siswa; (4) hubungan antara pengungkapan (exposure) dan tingkat kecurangan akademik siswa; dan (5) hubungan antara greed, opportunity, need dan exposure secara bersama-sama dengan tingkat kecurangan akademik siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 3 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa yang dipilih menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dan korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara greed dan kecurangan akademik (p < 0 xss=removed>

Kata Kunci: Greed, Opportunity, Need, Exposure,Dan Kecurangan Akademik.