Abstrak


Peranan Tour Planner dalam Membuat Creative Products di Cv. Wilis Pesona Wisata Karanganyar


Oleh :
Laily Maysaroh - B3217032 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK
Tugas Akhir ini mengkaji tentang peran penting seorang tour planner dalam membuat, menyusun, dan merencanakan sebuah paket wisata yang kreatif dan inovatif atau creative products, harga dan respon pelanggan terhadap paket wisata, serta kendala dan solusi tour planner pada CV. Wilis Pesona Wisata atau Wilis Tours & Travel.
Penelitian ini dianalisis dan disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran peran penting tour planner dalam membuat creative producst di CV. Wilis Pesona Wisata. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, studi pustaka, studi dokumen serta partisipasi Penulis selama on the job training di CV. Wilis Pesona Wisata.
Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa tour planner di CV. Wilis Pesona Wisata berperan dalam merancang program untuk membuat itinerary, merancang detail komponen seperti transportasi, akomodasi, makan dan minum, serta objek dan daya tarik wisata, serta menghitung biaya perjalanan wisata dari komponen – komponen yang digunakan selama perjalanan wisata. Harga jual paket wisata di CV. Wilis Pesona Wisata beragam dan disusuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Adapun kendala yang dihadapi tour planner berupa: force mejuere, pembatalan perjalanan wisata, dan biaya perjalanan yang tinggi.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu dalam membuat paket wisata creative products, tour planner berperan dalam merancang program, merancang detail komponen, dan menghitung biaya paket wisata.
 
Kata Kunci : Peran, Tour Planner, Paket Wisata, Creative Products.