Abstrak


Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Model Teams Games Tournaments Berbantuan Media Roda Putar Akuntansi Berbasis E-Learning Pada Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Ak3 SMKN 6 Surakarta


Oleh :
Rachmadhani Nastiti - K7716049 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X AK 3 SMK N 6 Surakarta dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Roda Putar Akuntansi (ROTASI) berbasis e-learning pada mata pelajaran akuntansi dasar tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, masing-masing setiap siklus selama 3 x 45 menit dan 2 x 30 menit. Subjek penelitian adalah siswa kelas X AK 3 SMK N 6 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas konstruk (construct validity) dan validitas triangulasi metode. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Roda Putar Akuntansi (ROTASI) berbasis e-learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat melalui hasil angket. Rata-rata persentase capaian indikator motivasi belajar siswa dari hasil angket pada pratindakan sebesar 40,19%, pada siklus I sebesar 69,32%, dan pada siklus II 85,07%.
Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Roda Putar Akuntansi (ROTASI) berbasis e-learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi dasar pada siswa kelas X AK 3 SMK N 6 Surakarta, hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yang mengalami peningkatan setiap siklusnya.

Kata kunci: motivasi belajar, Teams Games Tournament, Roda Putar Akuntansi (ROTASI), e-learning