Abstrak


Strategi Pelayanan Ibadah Umroh terhadap Kepuasan Jama’ah Umroh di PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta


Oleh :
Rahayuning Hutami - B3217047 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK
Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang strategi pelayanan perjalanan ibadah umroh yang diberikan kepada jama’ah umroh di PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta yang beralamatkan di Jl. A. Yani No.278 E Manahan, Kec. Banjarsari kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pelayanan ibadah umroh terhadap kepuasan jama’ahumroh di PT Hajar Aswad Mubaroq. Dikemas dengan 3 konsep pelayanan yang digunakan sebagai strategi pelayanan untuk mendatangkan jama’ah dengan menawarkan produk perjalanan umrohnya yang dilengkapi dengan fasilitas unggulan dan tour leader atau muthawif yang berpengalaman dibidangnya serta fasilitas penginapan, manasik atau pembimbingan umroh sekaligus armada yang digunakan dan kendala yang dihadapi dalam melakukan upaya pemenuhan strategi pelayanannya serta solusi dalam menangani kendala yang ada.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pelayanan PT Hajar Aswad Mubaroq Surakata. Sedangkan Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta sudah efektif dan kepuasan jama’ahnya sangat puas dalam menggunakan jasa pelayanan perjalanan umrohnya. Strategi pelayanan dapat dilihat dari bentuk-bentuk paket perjalanan umroh yang beragam dan juga dari prinsip-prinsip perusahaan yang membuat pelayanan lebih baik yaitu safety, trust and leading. Selain itu juga mengutamakan strategi pelayanan pada konsep-konsep pelayanan diantaranya konsep pendampingan, konsep pembimbingan dan konsep pelayanan itu sendiri. Strategi  pelayanan PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta termasuk biro perjalanan yang sudah baik, unggul,tepat sasaran dan biro dapat melanjutkan strategi pelayanan sekaligus  meningkatkan strategi pelayanannya. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi baik dari pihak internal mau pun eksternal namun dapat diatasi dengan beberapa strategi yang terus menerus ditingkatkan.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu strategi pelayanan yang diberikan oleh PT Hajar Aswad Mubaroq dalam  hal melakukan pelayanan kepada jama’ah sudah maksimal dan berhasil. Terbukti dari hasil quisioner yang diberikan menunjukkan kepuasan sangat puas dari jama’ahnya. Sedangkan kendala yang dihadapi  PT Hajar Aswad Mubaroqdapat ditangani dengan baik dikarenakan tidak  adakendala yang berarti.

Kata Kunci :Strategi,     Pelayanan, Ibadah, Umroh, Hajar Aswad, Biro Perjalanan