Abstrak


Upaya Pengembangan Daya Tarik Wisata Tirta Bendungan Tirtonadi di Kota Surakarta


Oleh :
Virginia Anastasia Naomi - B3217062 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK
Wisata tirta adalah kegiatan wisata yang langsung berhubungan dengan air dan dilakukan di air. Salah satu tujuan wisata tirta di Kota Surakarta adalah Bendungan Tirtonadi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui potensi Bendungan Tirtonadi sebagai wisata tirta di Kota Surakarta. (2) Untuk mengetahui upaya apa saja yang sudah dilakukan oleh pengelola Bendungan Tirtonadi untuk mengembangkan wisata Bendungan Tirtonadi di Kota Surakarta. (3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang menghambat keberlanjutan Bendungan Tirtonadi sebagai wisata tirta di Kota Surakarta, serta solusinya.
Penulisan laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumen. Metode wawancara dengan Pejabat Pembuat Komitmen Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS).
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Bendungan Tirtonadi memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi obyek wisata tirta di Kota Surakarta, upaya pengembangan yang telah dilakukan oleh pengelola resmi Bendungan pun sudah cukup baik namun terdapat upaya pengembangan yang seharusnya dapat di lakukan guna untuk terus mengembangan Bendungan Tirtonadi sebagai wisata tirta. Penelitian ini juga membahas kendala yang menghambat keberlanjutan pengembangan Bendungan Tirtonadi dan saran upaya pengembangan yang dapat dilakukan berdasarkan potensi yang dimiliki oleh Bendungan Tirtonadi untuk mengembangkan Bendungan Tirtonadi sebagai wisata tirta baru di Kota Surakarta
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Bendungan Tirtonadi memiliki potensi yang besar untuk menjadi wisata baru di Kota Surakarta karena bentuk Bendungannya yang minimalis dan nyaman, Bendungan ini juga terletak di lokasi yang strategis yaitu tepat di depan Terminal Tirtonadi. Menurut analisis komponen pariwista 4A juga menunjukan bahwa aksesibilitas ke Bendungan ini bagus, Amenitas cukup lengkap, Atraksi yang baik dan Ancilliary yang baik pula. Potensi dari Bendungan ini juga terbilang cukup baik dengan bentuk bendungan yang minimalis dan konsistensi debit air juga aliran yang tenang. Kendala yang dihadapi adalah promosi wisata yang kurang, atraksi yang belum berjalan dengan baik seperti permainan air dan perawatan Bendungan yang buruk yang mengakibatkan taman di Bendungan Tirtonadi terlihat kotor dan tidak terawat.

Kata Kunci : Wisata Tirta, Pengembangan, Potensi, Bendungan Tirtonadi, Surakarta