Abstrak


Pengasuhan Jarak Jauh Pada Anak Perempuan Yang Ditinggal Merantau Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus di Dusun Bedug, Desa Sriwedari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi)


Oleh :
Retno Ayu Feriwati - K8416058 - Fak. KIP

Abstrak

Di dalam sebuah keluarga, orang tua mempunyai kewajiban untuk mengasuh serta mendidik anak-anaknya agar dapat menjadi manusia yang berdaya guna. Pola asuh orang tua sangat penting dalam keluarga, melalui proses internalisasi yang dilakukan oleh orang tua kepada anak, diharapkan anak akan tumbuh  menjadi  pribadi  yang  bisa  diterima  masyarakat.  Adanya  fenomena migrasi   yang   hampir   terjadi   di   setiap   daerah,   memunculkan   berbagai permasalahan salah satunya berkaitan dengan dampak anak yang ditinggal merantau oleh orang tua. Orang tua di dusun Bedug, desa Sriwedari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang pergi merantau ke luar daerah biasanya menitipkan anak mereka kepada nenek maupun kerabat dekat lainnya. Sehingga orang tua seringkali tidak terlibat secara penuh dalam mendidik dan mengontrol  sang  anak  karena  terpisahkan  oleh  jarak.  Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui  penerapan  pola  asuh  jarak  jauh  yang  dilakukan  orang  tua kepada anak perempuan yang ditinggal merantau serta dampak pola asuh jarak jauh tersebut terhadap perilaku sosial anak perempuan yang ditinggal merantau.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, orang tua yang pergi merantau di dusun Bedug akan melakukan pola pengasuhan secara tidak langsung yakni dengan memanfaatkan teknologi komunikasi seperti dengan bertelepon maupun video call. Tidak adanya kehadiran orang tua secara langsung dalam mengasuh  dan  mendidik  anak  membuat  fungsi  Integration  (Integrasi)  tidak berjalan sesuai semestinya atau rusak. Akibatnya, hal ini membuat sang anak bertindak sesuka hati karena kurangnya pengawasan serta kontrol dari orang tua. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh jarak jauh yang diterapkan oleh orang tua yang merantau berdampak pada perilaku sosial anak perempuan yang ditinggal merantau.

Kata Kunci : Pengasuhan, Jarak Jauh, Merantau, Perilaku Sosial