Abstrak


Survei Kondisi Fisik dan Ketrampulan Teknik Dasar Bola Voli pada Tim Putra Bola Voli SMA/SMK Negeri Se-Kecamatan Purwodadi Tahun 2019


Oleh :
Febriawan Etiko Aji - K4615043 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi pada tim bola voli putra SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Purwodadi tahun 2019. (2) Untuk menegtahui keterampilan teknik dasar bola voli pada tim putra SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Purwodadi tahun 2019.
Populasi adalah atlet bola voli putra SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Purwodadi tahun 2019. Sampel adalah seluruh atlet bola voli putra SMA/SMK Negeri Se-Kecamatan Purwodadi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, untuk mendiskripsikan hasil penelitian. Pengumpulan data dengan cara tes secara langsung. Prosedur yang dilakukan adalah mempersiapkan instrumen penelitian serta pengambilan data dengan menggunakan analisis data deskriptif. Kondisi fisik yang dianalisis adalah vertical jump, kekuatan menarik otot bahu, kekuatan mendorong otot bahu, sit up, push up, lari 30 meter, lari 1600 meter, kelentukan, medicine ball. Ketrampilan yang dianalisis adalah pasing atas, pasing bawah, servis, smash.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, tes kondisi fisik pada SMA N 1 Purwodadi sebagian besar dikategorikan baik (50%). Tes ketrampilan SMA N 1 Purwodadi sebagian besar dikatorikan baik (91.67%). Kedua, tes kondisi fisik pada SMK N 1 Purwodadi sebagian besar dikategorikan cukup (75%). Tes ketrampilan pada SMK N 1 Purwodadi dikategorikan baik (83,33%). Ketiga, tes kondisi fisik pada SMKA N 2 Purwodadi sebagian besar dikategorikan cukup (75%). Tes ketrampilan pada SMKN 2 Purwodadi sebagian besar dikategorikan baik (75%).
Simpulan penelitian adalah analisis data kondisi fisik dan ketrampilan dasar teknik bola voli keseluruhan masuk dalam kategori baik. Maka dari itu program latihan yang baik, jelas, dan tersusun akan meningkatkan prestasi bagi para atlet bola voli.

Kata kunci : Analisis Kondisi Fisik Dan Ketrampilan Teknik Dasar Bola Voli Pada Tim Putra Sma/Smk Negeri Se-Kecamatan Purwodadi Tahun 2019.