Abstrak


Peranan Guru PJOK Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Maarif NU 1 Kembaran Banyumas Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020


Oleh :
Annas Abdul Latif - K4616014 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan memahami bentuk peranan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dalam membangun karakter siswa. Penelitian ini melihat seberapa besar peranan guru PJOK dalam pembentukan karakter siswa di MTs Maarif NU Kembaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen dan metode penelitian meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil menunjukan bahwa peranan guru PJOK dalam membangun karakter peserta didikanya sudah terlaksana dengan baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pelajaran. Bagi siswa, guru PJOK mampu menunjukan keteladananya seperti disiplin dengan datang di sekolah lebih awal, selain itu juga PJOK juga dapat menginpirasi baik siswa maupun rekan guru yang lainnya untuk memperbaiki diri sendiri agar memiliki karakter yang baik dalam bertutur kata  dan bertingkah laku. Serta guru PJOK juga berperan aktif dalam menanamkan Pendidikan karakter. Guru PJOK juga melakukan evaluasi diakhir maupun diluar pembelajaran dengan melakukan pembiasaan pada siswa untuk memiliki rasa tanggung jawab. Hal tersebut memberi manfaat positif bagi lingkungan sekolah di MTs Maarif NU 1 Kembaran, sehingga peserta didik yang berkarakter.
Simpulan bahwa peranan guru PJOK dalam pembentukan karakter siswa di MTs Maarif NU 1 Kembaran tahun 2020 dari 5 indikator yaitu 1.keteladanan melalui guru memberikan contoh kepada siswa untuk berangkat lebih awal, 2.Inspirator melalui guru yang memberikan edukasi tentang atlet Indonesia berprestasi sehingga siswa terinspirasi, 3.Motivator melalui guru mengapresiasi semua perubahan siswa yang memiliki nilai positif, 4.Dinamisator melalui guru yang menegur atau memberikan tindakan siswa jika ada siswa yang melanggar aturan yang berlaku dan 5.Evaluator melalui pembiasaan dalam di awal untuk berdoa lalu memimpin pemansan dan diakhiri dengan evaluasi telah sepenuhnya terpenuhi.

Kata kunci: Peranan Guru PJOK, Pembentukan Karakter