Abstrak


Sport Development Index (SDI) di Kabupaten Pati (Studi Evaluasi tentang Partisipasi dan Kebugaran Jasmani Masyarakat)


Oleh :
Anton Dedy Saputro - K4616016 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi tingkat partisipasi Masyarakat Kabupaten Pati dalam berolahraga pada tahun 2019; (2) mengidentifikasi tingkat kebugaran jasmani Masyarakat Kabupaten Pati pada tahun 2019; (3) mengidentifikasi tingkat pembangunan olahraga di Kabupaten Pati ditinjau dari indeks partisipasi dan indeks kebugaran jasmani masyarakat pada tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey dan pendekatan deskriptif evaluasi. Sampel penelitian adalah Masyarakat Kabupaten Pati yang berdomisili di Kecamatan Pati, Kecamatan Batangan, dan Kecamatan Pucakwangi serta terbagi dalam kelompok usia dan jenis kelamin, dengan jumlah total 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan mengikuti panduan metode penentuan sampel Sport Development Index (Mutohir & Maksum (2007: 59-62). Teknik Pengumpulan data dengan teknik kuisioner (angket) dan teknik tes. Validitas alat ukur yang digunakan merupakan standar yang telah ditetapkan dalam Sport Development Index (SDI). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti mengikuti teknik analisis dalam Sport Development Index (SDI).
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) Indeks partisipasi Masyarakat Kabupaten Pati adalah sebesar 0,388. Indeks tersebut didapatkan dengan cara menggabungkan indeks partisipasi Masyarakat Kecamatan Pati sebesar 0,33, indeks partisipasi Masyarakat Kecamatan Batangan sebesar 0,66, dan indeks partisipasi Masyarakat Kecamatan Pucakwangi sebesar 0,16. Indeks partisipasi Masyarakat Kabupaten Pati menunjukan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga termasuk dalam kategori rendah, (2) Indeks kebugaran jasmani Masyarakat Kabupaten Pati adalah sebesar 0,351. Indeks tersebut didapatkan dengan cara menggabungkan indeks kebugaran jasmani Masyarakat Kecamatan Pati sebesar 0,446, indeks kebugaran jasmani Masyarakat Kecamatan Batangan sebesar 0,364, indeks kebugaran jasmani Masyarakat Kecamatan Pucakwangi sebesar 0,264. Indeks kebugaran jasmani Masyarakat Kabupaten Pati menunjukan bahwa kebugaran masyarakat termasuk dalam kategori rendah, (3) Tingkat pembangunan olahraga di Kabupaten Pati ditinjau dari partisipasi dan kebugaran jasmani masyarakatnya termasuk dalam kategori rendah dengan indeks 0,369 yang didapatkan dengan cara menggabungkan indeks partisipasi Masyarakat di Kabupaten Pati dan indeks kebugaran jasmani Masyarakat di Kabupaten Pati.

Kata Kunci : Sport Development Index, Partisipasi Masyarakat, Kebugaran Jasmani Masyarakat.