Abstrak


Peranan Guru PJOK Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Arif Difvalgi - K4616019 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Proses belajar mengajar pada mata pelajaran PJOK di kelas X SMA Negeri Kebakkramat didapati beberapa permasalahan mulaidarisiswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi, siswa yang asik sendiri, mengobrol saat pembelajaran dan tidak jarang ada beberapa siswa yang berada di kantin saat proses pembelajaran. Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi saat proses belajar mengajar ini menandakan kurangnya motivasi siswa untuk belajar terutama dalam pelajaran PJOK. Makadari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan guru PJOK terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat. Pada penelitian ini peneliti melakukan analisis penilaian siswa terhadap peranan guru PJOK dengan menggunakan teori motivasi dua faktor yang dikemukakan Herzberg.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pendekatan ini dipilih oleh peneliti karena pendekatan deskriptif menggambarkan keadaan suatuperistiwa tertentu berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagai mana mestinya. Peneliti menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan sekunder untuk menjawab rumusan masalah. Teknik pengambilan informan yang telah digunakan oleh peneliti yaitu teknik sampling jenuh dengan informan siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan kuisioner atau angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh yakni transkip hasil kuisioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis dan diuji validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini, guru PJOK memiliki peranan dalam meningkatkan semangat belajar siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat, peranan tersebut secara keseluruhan sudah tergolong baik namun masih ada beberapa asek yang
masih perlu ditingkatkan yaitu organisator, motivator, pengaruh / director, fasilitator dan evaluator. Lima aspek tersebut harus lebih ditingkatkan karena berdasarkan penilaian yang dilakukan siswa melalui angket masih dianggap kurang berperan dengan baik pada beberapa indikator yang ada didalamnya.

Kata Kunci: Peranan guru PJOK, Motivasi Belajar.