Abstrak


Pengaruh Latihan Imagery Terhadap Peningkatan Keterampilan Free Throw Permainan Bola Basket pada Peserta Didik Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Maestro Boy Perwira Profaviola - K4616060 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan imagery terhadap peningkatan keterampilan free throw permainan bola basket pada peserta didik ekstrakurikuler bola basket Sma Negeri 8 Surakarta Tahun 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Kuasi dengan pola Pretest dan Posttest Control Group Design. Dengan memberikan perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen, dengan membagi menjadi dua kelompok  dengan  ordinal  pairing,  yaitu  kelompok  eksperimen dengan perlakuan latihan imagery dan kelompok kontrol menggunakan perlakuan latihan free throw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data norma  dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik descriptive statistic dengan bantuan program IBM SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan latihan imagery terhadap peningkatan keterampilan free throw permainan bola basket pada peserta didik ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 8 Surakarta menunjukan bahwa nilai pre-test rata-rata 6.75 dengan nilai tertinggi 12, setelah diberikan perlakuan latihan imagery nilai meningkat dengan rata-rata 9.00 dengan nilai tertinggi 14 prosentase peningkatan keterampilan sebesar 33%.
Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa latihan imagery secara efektif dapat meningkatkan keterampilan free throw permainan bola basket pada peserta didik ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Olahraga, Bola Basket, dan Latihan Imagery