Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bagi Anak Tunagrahita Kelas III di SLBN Punung Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Ayu Putri Virkaningtyas - K5116012 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token Arends  terhadap peningkatan keterampilan berbicara anak tunagrahita kelas III di SLBN Punung Pacitan tahun ajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Subjek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III di SLBN Punung Pacitan, yang berjumlah 6 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian sudah melewati tahap validasi oleh ahli terkait. Uji reliabilitas menggunakan Inter Rater Reliability (IRR), dihitung menggunakan bantuan SPSS 22 memperoleh hasil 0,935. Teknik analisis data menggunakan Sign Test Wilcoxon dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 22, diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.024. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis dapat diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token Arends berpengaruh dalam peningkatan keterampilan berbicara anak tunagrahita kelas III di SLBN Punung Pacitan tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Time Token Arends ,Tunagrahita.