Abstrak


Evaluasi Kinerja Sistem Drainase pada Jalan Adi Sucipto di Bawah Flyover Manahan Surakarta


Oleh :
Mahendro Aryo Bagaskoro - I8717016 - Fak. Teknik

Abstrak

Banjir merupakan salah satu bentuk fenomena alam yang terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi di mana terjadi kelebihan air yang tidak tertampung oleh suatu  sistem.  Penyebab  banjir diantarnya adalah  curah  hujan tinggi,  rusaknya lingkungan, pembukaan lahan, kapasitas drainase kecil, sampah, bangunan liar di pinggir sungai, bencana alam, pembangunan proyek yang mengganggu drainase air, dan lain-lain. Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/ atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan sehinggan lahan dapat difungsikan secara optimal. Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatasi banjir genangan dengan mengevaluasi saluran drainase jalan di Jalan Adi Sucipto di bawah Flyover Manahan Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan-tahapannya adalah pengumpulan data diantaranya: data luas wilayah dan data curah hujan, data cross section, dan studi pustaka. Kemudian menganalisi banjir genangan, perencanaan sistem drainase, perhitungan dan perencanaan saluran drainase, analisis saluran drainase.

Hasil analisis hidrologi dan hidrolika yang ada di Jalan Adi Sucipto Sta 0+65 sampai Sta 0+75 memenuhi syarat dalam menampung debit air hujan.  sedangkan drainase Sta 0+00 sampai Sta 0+65 dan Sta 0+90 sampai Sta 1+00 tidak memenuhi kriteria dalam menampung debit limpasan. Untuk mengatasi permasalahan genangan perlu dilakukan perencanaan ulang dimensi drainase. Hasil dari perencanaan ulang drainase secara ekonomis memiliki lebar saluran (b) = 0,6 m dan tinggi air (h) = 0,9 m dengan Rancangan Anggaran Biaya Rp 81.575.547,45.

Kata Kunci : banjir, saluran drainase, evaluasi drainase