Abstrak


Pengaruh Penerapan Program Differential Reinforcement of Other Behavior (Dro) Terhadap Perilaku Disiplin Anak Tunagrahita Sedang Kelas V SLB-C YPSLB Gemolong Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Erlinda Awaliyana - K5116024 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan programDifferential Reinforcement Of Other Behavior(DRO) terhadap perilaku disiplin anak tunagrahita sedang kelas V SLB-C YPSLB Gemolong tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian tunggal (Single Subject Research) dan menggunakan desain revesal A-B-A, yaitu subjek diberi perlakuan dalam jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara baseline-1 (A1), intervensi (B), dan baseline-2 (A2). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita sedang kelas V SLB-C YPSLB Gemolong. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.Hasil analisis menggunakan kecenderungan arah dan perubahan level menurun -1 pada baseline-1 (A1), meningkat+6 pada intervensi (B), dan konstan =0 pada baseline-2 (A2), kecenderungan stabilitas tinggi, dan data persentase overlap 0%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa programDifferential Reinforcement Of Other Behavior(DRO) berpengaruh untuk mengurangiperilaku tidak bisa duduk tenang siswa tunagrahita sedang kelas V SLB-C YPSLB Gemolong tahun ajaran 2020/2021.

Kata kunci : Modifikasi Perilaku, Differential Reinforcement Of Other Behaviour(DRO), Perilaku disiplin, Anak Tunagrahita Sedang.