Abstrak


Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020


Oleh :
Isma Herminingsih - K7116082 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas III SD Negeri Karangasem III Surakarta. Alternatif yang dipilih yaitu dengan menerapkan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Sintaks metode PQ4R yang sistematis diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami teks bacaan, sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. 
Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan 32 peserta didik kelas III SD Negeri Karangasem III Surakarta. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu   perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan  Huberman.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik. Peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman diketahui melalui hasil observasi dan tes keterampilan membaca pemahaman yang berupa penugasan untuk menuliskan kesimpulan. Hasil tes menunjukkan skor rata-rata klasikal pratindakan yaitu 1,58 (0%), belum ada peserta didik yang memenuhi indikator membaca pemahaman, kemudian setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada pelaksanaan siklus I menjadi 2,70 (53%), meningkat di siklus II menjadi 3,30 (81%), dan di siklus III menjadi 3,61 (90%). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas III SD Negeri Karangasem III Surakarta tahun pelajaran 2019/2020. 

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R)