Abstrak


Kajian Kritis Terhadap Pencantuman Klausula Eksonerasi dalam Perjanjian Parkir (Studi Putusan MA Nomor 2078k/pdt/2009 antara PT Securindo Packatama Indonesia Melawan Sumito Y. Viansyah)


Oleh :
Wella Dany Permata - E0016438 - Fak. Hukum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji klausula eksonerasi dalam perjanjian parkir termasuk perbuatan melawan hukum dan tanggung jawab perdata PT Securindo Packatama Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif serta menggunakan sumber bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode silogisme dan pola pikir secara deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan ketidakseimbangan posisi antara konsumen dengan penyedia jasa perparkiran yang menimbulkan kedudukan konsumen lebih lemah dibandingkan kedudukan penyedia jasa perparkiran. Kedudukan penyedia jasa perparkiran lebih kuat sehingga menggunakan kesempatan tersebut untuk menentukan isi perjanjian parkir dengan mencantumkan klausula eksonerasi/klausula pengalihan tanggung jawab. Solusi atas permasalahan dalam pelaksanaan perjanjian parkir yaitu berupa penyetaraan kedudukan konsumen dengan penyedia jasa perparkiran.

Kata Kunci: Perjanjian Parkir; Klausula Eksonerasi.