Abstrak


Penerapan Model Value Clarification Technique Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V SD Negeri Totosari No 102 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Shinta Ayu Maulana - K7116185 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan nilai karakter disiplin  peserta didik dengan menerapkan model Value Clarification Technique dan, (2) mendeskripsikan hasil dari penerapan model Value Clarification Technique terhadap peserta didik kelas V SD Negeri Totosari No 102 Surakarta. 
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Totosari No 102 Surakarta yang berjumlah 30 orang. Sumber data berasal dari pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber, serta validitas konstrak. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini yaitu dengan tindakan kelas. 
Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan nilai karakter disiplin peserta didik bila  dibandingkan dengan hasil penilaian pengamatan pada pratisndakan. Siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 36,67?n Siklus 2 mengalami peningkatan lagi sebesar 86,67%, sehingga diperoleh hasil peserta didik dengan kategori membudaya untuk nilai karakter disiplin sebnayak 26 orang.

Kata kunci: nilai karakter disiplin, model Value Clarification Technique