Abstrak


Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SDN Se Kecamatan Ambal Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Umi Hanifah - K7116207 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan positif antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2019/2020 dan mengetahui besarnya sumbangan variabel lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN se-Kecamatan Ambal yang berjumlah 887 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 250 siswa kelas V di 10 SDN Kecamatan Ambal yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan bantuan aplikasi Statistical Product and  Serice Solution  ( SPSS ) . Teknik pengumpulan data berupa angket lingkungan keluarga dan tes hasil belajar IPS. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 0,05 dan mencari  sumbangan variabel dengan rumus koefisien determinan. Uji prasyarat analisis menggunakan normalitas dan linieritas. Sedangkan, uji instrumennya yaitu uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS siswa kelas V  ( nilai Sig. 0,001 < 0>kualitas lingkungan keluarga siswa, maka akan semakin rendah pula hasil belajar IPS siswa. Lingkungan keluarga memberikan sumbangan  terhadap hasil belajar IPS sebesar 4,16 %.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa terdapat hubungan positif antara lingkungan keluargadan hasil belajar IPS siswakelas V SDN seKecamatan Ambal tahun ajaran 2019/2020 dengan memberikan sumbangan sebesar 4,16% terhadap hasil belajar IPS siswa.

Kata Kunci: lingkungan keluarga, hasil belajar IPS