Abstrak


Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Experiential Learning dengan Prototipe Solar Tracker System pada Mata Kuliah Otomasi Produksi


Oleh :
Nur Arif Suko Juliyanto - K2516051 - Fak. KIP

Abstrak

Konsep experiential learning memiliki teori dimana pengetahuan yang tercipta adalah hasil dari sebuah pengalaman. Penggunaan experiential learning akan menuntut mahasiswa lebih aktif meningkatkan pemahaman materinya melalui pengalaman-pengalamannya pada saat pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan pada desain pembelajaran berbasis experiential learning dengan prototype solar tracker system dan mengetahui apakah desain pembelajaran yang dikembangkan dapat dijadikan opsi pembelajaran pada mata kuliah otomasi produksi jika dilihat dari hasil belajar mahasiswa saat diujicobakan dalam kelas. Pengembangan desain pembelajaran dilakukan pada mata kuliah otomasi produksi khususnya materi sistem kontrol karena materinya yang bersifat abstrak dan kompleks.
Pengembangan dilakukan pada desain pembelajaran berbasis experiential learning dengan menggunakan alat bantu berupa prototype solar tracker system. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Tahapan analysis dilakukan dengan cara melakukan interview terhadap dosen pengmpu mata kuliah. Tahapan design menentukan tujuan pembelajan yang ingin dicapai pada masing-masing tahapan experiential learning, yaitu : concrete experience, reflective observation, abstract conceptualization, active experimentation. Tahapan development berisi penyusunan perangkat pembelajaran yang dilengkapi dengan modul dan prototype. Tahapan implementation adalah pelaksanaan ujicoba hasil pengembangan. Tahap evaluation berisi tentang hasil ujicoba desain pembelajaran.
Pada saat dilakukan ujicoba terhadap pengembangan desain pembelajaran yang dilakukan pada mahasiswa PTM FKIP UNS Semester VI Tahun 2020 yang berjumlah 40 mahasiswa, desain pembelajaran yang sudah dikembangkan mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa. Selain itu, rata-rata hasil belajar kelas tersebut juga terbilang baik. Dalam 2 pertemuan, rata-rata nilai kelas tersebut adalah 81,725 dan 83,325. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa perangkat pembelajaran yang dilengkapi dengan modul pembelajaran materi sistem kontrol pada mata kuliah otomasi produksi.

Kata Kunci : experiential learning, prototype solar tracker system, ADDIE, pengembangan, sistem kontrol, mata kuliah otomasi produksi