Abstrak


Evaluasi perkerasan jalan, pemeliharaan dan peningkatan dengan metode analisa komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) ruas jalan Mojo Dagen, Jaten, Karanganyar KM 0+000 – 2+000


Oleh :
Arfin Dwi Setiawan - I8216007 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Jalan Mojo, Dagen, Karanganyar merupakan jalan yang  menghubungkan antara kecamatan jaten dengan kecamatan tasikmadu dan banyak dilalui kendaraan dengan jumlah banyak. Jalan ini tergolong kelas III C Kabupaten dan mempunyai ukuran lebar 4 meter.Jalan ini juga merupakan jalan alternatif menuju tempat wisata di Kabupaten Karanganyar, sehingga jalan ini mengalami kerusakan yang cukup banyak pada lapis permukaannya.
Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Mojo, Dagen, Karanganyar dengan panjang jalan 2,00 km ini bertujuan untuk mengetahui jenis tingkat kerusakan, menentukan perbaikan kerusakan dan mengitung Rencana Anggaran Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan kerusakan dan pemeliharaan.
Penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen tiap 50 m. Kemudia tiap segment jalan dilakukan pengamatan secara visual dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan sesuai metode PCI.
Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa Aligator Cracking, Depression Pothole, Longitudinal Cracking, dan Patching. Nilai PCI yang didapatkan dari hasil pengujian adalah 70,3 dan dikategorikan Satisfactory. Hasil dari Survei Lalu Lintas Harian didapatakan nilai LHRT 17043 kendaraan/hari. Durasi waktu pekerjaan Jalan Mojo, Dagen,  Karanganyar  adalah 10 hari. Dari hasil Analisa dan perancangan didapat pertebalan overlay 4,5 cm dan bahan yang digunakan adalah LASTON Ms. 744. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan & peningkatan mutu pada Jalan Mojo,  Dagen,  Karanganyar  KM  0+000  –  2+000  tahun  2020  adalah  Rp.
1.130.000.000,00.

Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), Overlay