Abstrak


Syair Siti Juharah: Suntingan Teks dan Kajian Estetika Melayu


Oleh :
Ahmad Rianto - B0215005 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak


Alasan penelitian terhadap teks SSJ adalah mengetahui isi pesan teks tersebut melalui transliterasi teks. Bahasa yang digunakan cukup erotis sehingga perlu diungkapkan fungsi teks SSJ.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana suntingan teks Syair Siti Juharah? (2) Bagaimana pesan penulis teks Syair Siti Juharah menurut kajian estetika Melayu klasik?.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menyediakan suntingan teks Syair Siti Juharah. (2) 2.Menjelaskan pesan penulis teks Syair Siti Juharah dengan kajian estetika Melayu klasik.

Sumber data penelitian ini adalah naskah Syair   Siti   Juharah   dengan kode EAP153-6-2 yang tersimpan di British Library. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitataif, yaitu menggunakan kajian estetika Melayu klasik.

Hasil penelitian ini adalah ditemukan kesalahan salin tulis sebanyak dua lakuna dan sepuluh substitusi. Pesan yang disampaikan oleh penulis syair memiliki fungsi penghibur (yang indah), fungsi manfaat (yang berfedah) dan fungsi rohani (kamal).

Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis adalah berisi tentang adalah: cara memilih seorang istri, waktu untuk hubungan intim, langah-langkah hubungan intim, gaya dalam hubungan intim, kenikmatan dalam hubungan intim, mencari rida Allah dalam pernikahan, nasihat kepada suami, nasihat kepada istri. Pengajaran yang ada dalam teks Syair Siti Juharah berbentuk kisah cerita yang digambarkan dengan tokoh Siti Juharah dan Abu Zaid. Penggambaran tokoh Siti Juharah dan Abu Zaid melalui sifat dan sikapnya yang baik dalam membangun rumah tangga.


Kata kunci : Syair Siti Juharah, suntingan, dan estetika Melayu klasik.