Abstrak


Kesalahan Linguistik Google Translate Dalam Penerjemahan Kitab Al-Qira?ah Al-Rasyidah Dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia


Oleh :
Rahmah Khairun Nisa - B0516031 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini menganalisis kesalahan linguistik google translate dalam penerjemahan kitab al-Qir??ah al-R?syidah dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia. Kesalahan penerjemahan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu kesalahan semantis dan sintaksis. Kesalahan penerjemahan ini terjadi pada satuan bahasa kata dan frasa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan semantis dan sintaksis dari hasil terjemah google translate berdasarkan pada kerangka pemikiran linguistik penerjemahan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa kitab al-Qir??ah al-R?syidah beserta terjemahan kitab tersebut yang dihasilkan oleh google translate. Analisis data dilakukan secara bertahap. Pertama, mengumpulkan dan mengklasifikasikan data sesuai kategorinya, yaitu dengan memilih kalimat atau klausa yang mengandung frasa kemudian memasukkannya ke dalam google translate untuk mendapatkan hasil terjemahannya, kemudian data diklasifikasikan sesuai dengan jenis kesalahan yang ada. Kedua, menyajikan seluruh data kesalahan penerjemahan dengan runtut dan menyertakan jawaban pada setiap rumusan masalah, yaitu dengan mengidentifikasi ketidaktepatan dan ketidak teraturan yang ada pada terjemahan data. Ketiga, menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 51 data yang ditemukan, terdapat 3 jenis kesalahan semantis, yaitu 12 data terkait kurangnya kemampuan membaca data, 17 data terkait kesalahan pilihan kata (word choice), dan 2 data terkait transformasi kata (word transformation). Adapun dalam kesalahan sintaksis terdapat 3 jenis kesalahan, yaitu 4 data kesalahan urutan kata (word order), 6 data penghilangan (omission), dan 10 data kegagalan mentransfer maksud dari BSu.

Kata kunci: Penerjemahan Arab-Indonesia, Kesalahan Penerjemahan, Google Translate, Kitab al-Qiraah al-Rasyidah.