Abstrak


Annexation Structure (Frasa Idhafah) dalam Buku Al-Qira’ah Ar-Rasyidah Juz Pertama Karya Abu Al-Hasan ‘Ali Al-Hasani Al-Nadwi: Analisis Semantik Gramatikal


Oleh :
Restu Nur Hidayat - B0516033 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini membahas mengenai konstruksi pembentuk annexation structure (AS) dan relasi yang muncul pada frasa AS dalam bahasa Arab. Objek kajian penelitian ini berupa buku al-Qir?’ah ar-R?syidah (QR) karya Maulana Abul Hassan. Tujuannya adalah mengidentifikasi berbagai jenis kata yang dapat membentuk konstruksi frasa AS dan relasi semantik yang muncul dari frasa tersebut. Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat. Analisis data dilakukan dengan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan metode padan.
Hasil penelitian berdasarkan 570 data yang diperoleh, dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) terdapat 23 jenis pola konstruksi frasa AS yakni nomina agentif+nomina, nomina agentif+pronomina, nomina atribut agentif+nomina, nomina adverbial+nomina, nomina adverbial+nomina elatif+nomina, nomina adverbial+nomina genus+pronomina, nomina adverbial+nomina infinitif+nomina, nomina adverbial+nomina infinitif+pronomina, nomina adverbial+pronomina, nomina elatif+nomina, nomina ekseptial+nomina, nomina ekseptial+pronomina, nomina genus+nomina, nomina genus+ nomina agentif +pronomina, nomina genus+nomina genus+nomina, nomina genus+nomina genus+pronomina, nomina genus+pronomina, nomina infinitif+nomina, nomina infinitif+nomina agentif+nomina, nomina infinitif+nomina infinitif+nomina, nomina infinitif+pronomina, nomina spatial+nomina dan nomina spatial+pronomina. (2) Relasi semantik yang terbentuk dari data tersebut diklasifikasikan dalam 12 jenis. Terdapat tiga relasi tambahan yang tidak terdapat dalam teori Ryding yakni relasi adverbial, relasi lokatif dan relasi ekseptial. Selain tiga relasi tersebut terdapat sembilan relasi yang ditemukan yakni relasi posesif, relasi identitas, relasi partitif, relasi agentif, relasi objektif, relasi kutipan, relasi konten, relasi ukuran, relasi komposisi. Relasi semantik frasa AS dapat diketahui berdasarkan konstruksinya.

Kata kunci: konstruksi, relasi, annexation structure, al-Qira ah ar-Rasyidah.