Abstrak


Mekanisme Penulisan Berita di Radio Suara Surabaya


Oleh :
Layla Nur Rahma - D1417017 - Sekolah Vokasi

Penulis awal sudah tertarik dengan dunia jurnalistik di radio. diantara banyak radio yang ada di Indonesia penulis tertarik dengan berita yang disajikan oleh Radio Suara Surabaya. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) Program Studi D3 Komunikasi Terapan FISIP UNS, Penulis berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman selama 3 bulan menjadi seorang script writer untuk program news . Berdasarkan pengalaman Kuliah Kerja Media (KKM) tersebut Penulis mengambil subjek "Mekanisme Penulisan Naskah Berita di Radio Suara Surabaya" sebagai Tugas Akhir Penulis di Program Studi D3 Komunikasi Terapan Minat Penyiaran FISIP UNS.
Selain untuk memenuhi syarat untuk mendapat gelar Ahli Madya Program Studi D3 Komunikasi Terapan Minat Penyiaran. Kuliah Kerja Media (KKM) atau yang lebih dikenal dengan isilah Magang bertujuan untuk mendalami bagaimana dunia jurnalistik dan reportase yang telah dipelajari selama  masa perkuliahan, menambah wawasan Penulis seputar teknis dan mekanisme penulisan naskah berita, dan memahami peran script writer jurnalistik di Suara Surabaya.
Mekanisme penulisan naskah berita hampir sama dengan penulisan berita di media massa lainnya, yang membuat berbeda dengan menggunakan bahasa tutur. Ini karena bahasa yang digunakan untuk dikonsumsi oleh telinga, jadi penulisan naskah harus jelas, singkat, tidak detail, dan memberikan dampak terhadap pendengar. Dalam penulisan data yang disajikan tidak detail, ini berkaitan dengan sifat radio yang hanya sekilas jadi data yang berupa angka dapat dibulatkan.
Selama Kuliah Kerja Media (KKM) atau Magang di Radio Suara Surabaya Penulis mendapat banyak pengalaman utamanya menjadi script writer. Selain menjadi script writer Penulis juga berkesempatan belajar menjadi reporter yang terjun langsung mencari bahan yang menjadi materi berita untuk dapat disiarkan dalam beberapa program. Semoga ilmu dan pengalaman yang Penulis sampaikan bermanfaat bagi pembaca.