Abstrak


Layanan Kunjungan Sebagai Sarana Bimbingan Pemustaka Bagi Siswa Sekolah di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno


Oleh :
Putri Mulia Astari - D1817084 - Sekolah Vokasi

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi membuat suatu perpustakaan akan terus berusaha untuk menyediakan beraneka ragam jenis layanan berupa kemudahan dalam mengakses sumber informasi yang telah disediakan dengan tetap memperhatikan segi kenyamanan pemustaka. Berdasarkan pandangan tersebut, maka salah satu sarana pendidikan adalah adanya sebuah layanan kunjungan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar. Penelitian  Layanan Kunjungan di UPT Perpustakaan Proklmator Bung Karno Blitar mempunyai tujuan tertentu dalam hubungannya dengan pendidikan ilmu pengetahuan sosial khususnya ilmu sejarah. Layanan kunjungan  berfungsi sebagai bimbingan pemustaka bagi siswa sekolah.
Jenis pengamatan ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penedekatan deskriptif.  Penulis mengambil populasi yang dinamakan social situation dengan sampel informan yang berkaitan dengan Layanan Kunjungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Dalam rangkaian kegiatan Layanan Kunjungan tersebut para siswa sekolah mendapatkan tiga kegiatan. Layanan Memorabilia dengan kegiatanya story telling tentang perjalanan hidup Bung Karno. Kedua Layanan Audio Visual yaitu siswa sekolah diajak untuk mengenal sosok Bung Karno lebih dekat dengan menonton film dokumenter mengenai Bung Karno dan Layanan yang ketiga yaitu Layanan Anak Remaja, siswa PAUD, TK dan SD diajak untuk senang membaca sejak dini, layanan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca pada siswa.

Kata kunci : Layanan kunjungan, Bimbingan Pemustaka, story telling