Abstrak


Alih Media sebagai upaya Pelestarian Koleksi Khusus Bung Karno di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar Jawa Timur


Oleh :
Fathurrohman Halim - D1817041 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Tugas Akhir ini membahas tentang Alih Media Sebagai Upaya Pelestarian Koleksi Khusus Bung Karno Di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar Jawa Timur. Pokok masalah yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah bagaimana proses kegiatan pelestarian koleksi Khusus Bung Karno melalui alih media dan apa saja kendala dalam kegiatan alih media koleksi khusus Bung Karno di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar Jawa Timur.
Tujuan dalam tugas akhir ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai proses kegiatan alih media koleksi khusus Bung Karno serta kendala apa saja yang dihadapi pustakawan dalam melakukan kegiatan alih media koleksi khusus Bung Karno di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar Jawa Timur. Dalam tugas akhir ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui kejadian nyata di lapangan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan informan pustakawan pada bidang alih media di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar Jawa Timur.
Hasil proses kegiatan alih media koleksi khusus Bung Karno meliputi 8 tahap : 1) tahap persiapan, 2) pengambilan objek digital, 3) koreksi file / editing, 4) konversi file, 5) pengolahan hasil alih media, 6) pengemasan, 7) distribusi hasil alih media, 8) hingga tahap laporan. Sedangkan hambatan yang dihadapi pustakawan dalam melakukan proses kegiatan alih media meliputi : 1) peralatan yang masih jarang dilakukan update secara berkala, 2) tidak adanya ruangan khusus yang digunakan untuk proses alih media, 3) serta minimnya kesempatan dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Kata kunci : Alih Media, Pelestarian Koleksi, Koleksi Khusus