Abstrak


Kualitas Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali


Oleh :
Haifa Inas Shafira - D1817045 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Tugas Akhir ini membahas tentang Kualitas Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali. Pokok masalah yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah sampai seberapa kualitas layanan perpustakaan keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali.
Tujuan dalam Tugas Akhir ini yaitu memperolah gambaran mengenai sampai seberapa kualitas layanan perpustakaan keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali. Dalam Tugas Akhir ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui kejadian nyata di lapangan dengan tekhnik observasi,wawancara dan dokumentasi, dengan informan Petugas Perpustakaan Keliling dan Pemustaka yang hasil wawancaranya digunakan untuk mengetahui sampai seberapa kualitas layanan perpustakaan keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali.
Hasil pembahasan untuk mengetahui sampai seberapa kualitas layanan perpustakaan keliling menggunakan dimensi SERVQUAL yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). Dan dari ke-lima Dimensi tersebut mendapatkan respon yang positif dan layanan perpustakaan keliling berada pada zone of tolerance yang berarti kualitas layanan masih dalam batas toleransi oleh pengunjung perpustakaan keliling.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Perpustakaan, Perpustakaan Keliling