Abstrak


Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dalam Penggunaan Sepeda Ke Sekolah


Oleh :
Alfin Wirawan B. Nim. - I 0113008 - Fak. Teknik

Abstrak

Alfin Wirawan Bagaskara, 2018, Faktor-Faktor yang Berpengaruh dalam Penggunaan Sepeda ke Sekolah, Skripsi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Salah satu transportasi darat yang ramah lingkungan dan menyehatkan adalah sepeda. Salah satu contoh penggunaan sepeda adalah digunakannya sepeda oleh pelajar ke sekolah, namun saat ini berkurangnya penggunaan sepeda di kalangan pelajar terutama SMP dengan berbagai faktor. Oleh karena itu, penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang paling berpengaruh terhadap penggunaan sepeda oleh pelajar ke sekolah.

Penelitian dilakukan dengan responden yang ahli di bidangnya dengan minimal menggunakan sepeda selama 2 tahun, reponden berasal dari siswa SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 9 di Kota Surakarta. Pengambilan data melalui data primer yaitu survei langsung menggunakan kuisioner, menggunakan Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Faktor-faktor yang akan diteliti berdasarkan penelitian lain dan ditambahkan dengan faktor-faktor dari peneliti. Teknik analisis data dengan menggunakan software Super Decision dan diolah dengan menggunakan Analisis Network Proses.

Hasil analisis yang didapatkan adalah kriteria yang berpengaruh dalam penggunaan sepeda ke sekolah untuk seluruh kriteia diperoleh Perilaku merupakan kriteria terbesar yaitu dengan nilai 0.376, dilanjutkan dengan kriteria Kondisi Fisik dengan nilai 0.233, kemudian kriteria Kondisi Lingkungan dengan nilai 0.225, dan yang terkecil adalah Kondisi Sosial sebesar 0.166. Ditinjau dari faktor yang paling berpengaruh dalam penggunaan sepeda ke sekolah terdapat pada kriteria Kondisi Fisik yaitu faktor Kesehatan sebesar 0.387, dan faktor yang paling tidak berpengaruh yaitu faktor Kondisi Parkir Aman sebesar 0.108.

Kata Kunci : Sepeda, Sekolah, Purposive Sampling, Analisis Network Proses