Abstrak


Pengaruh Latihan Kecepatan dengan Menggunakan Alat Bantu Terhadap Renang 50 Meter Gaya Bebas pada Atlet Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas Indonesia (SKODI)


Oleh :
Vicky Gita Surya Anggoro - K5615077 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kecepatan dengan menggunakan fins dan padle terhadap renang 50 meter gaya bebas.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pra-eksperimen, dengan menggunakan desain penelitianone group pretest-posttest. Subjek penelitian ini menggunakan seluruh atlet renang SKODI yaitu sebanyak 9 atlet. Teknik pengumpulan data (pretest dan posttest)menggunakan tes dan pengukuran sprint 50 meterrenang gaya bebas. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahuji reliabilitas dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon signed rank test diketahui bahwa besarnya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 karena nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05, maka Ho diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah :Terdapat pengaruh latihan kecepatan dengan menggunakan alat bantu terhadap renang 50 meter gaya bebas pada atlet Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas Indonesia (SKODI).

Kata Kunci :Kecepatan, Alat bantu fins dan padle, Renang, Gaya Bebas