Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone pada Teknik Dasar Heading dan Game


Oleh :
Ilham Satya Permana - K5616032 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah aplikasi berbasis smartphone pada teknik dasar heading dan game sepakbola, yang dapat digunakan untuk suatu terobosan dalam dunia kepelatihan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), subjek dalam penelitian ini adalah pembinaan prestasi Universitas Sebelas Maret yang berjumlah 25 pemain. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Media yang dikembangkan diujicobakan dengan menggunakan angket kepada 25 pemain pembinaan prestasi Universitas Sebelas Maret. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket kelayakan isntrumen, validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis smartphone teknik dasar heading dan game sepakbola berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor  31  dan jika dipersentasekan menjadi 88,57 %, sehingga termasuk dalam kategori “Valid digunakan”, 2) Ahli media diperoleh total skor 54 dan jika dipresentasekan  menjadi 90% sehingga termasuk dalam kategori “Valid digunakan”, 3) Respon pemain diperoleh total skor 1063 jika dipersentasekan 85,04 %, sehingga termasuk dalam kategori “Valid digunakan” dan tiap indikator media mendapat respon dengan rata-rata 4,24 % termasuk dalam kategori “Setuju” . Kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis smartphone pada teknik dasar heading dan game sepakbola layak digunakan sebagai media untuk mempermudah pelaku sepakbola baik pemain ataupun pelatih.

Kata Kunci: Media pembelajaran, teknik dasar heading dan game, android.