Abstrak


Penerapan Model Desain Pembelajaran Assure untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Mukiran 04 Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Wigan Anggit Utomo - K7113226 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penggunaan model desain pembelajaran ASSURE.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles&Huberman) yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model ASSURE nilai rata-rata siswa menunjukkan peningkatan dari pratindakan 66,4 menjadi 75 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,8 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 40% pada pratindakan menjadi 76% pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.

Kata Kunci: ASSURE, Kemampuan Menulis Puisi.