Abstrak


Representasi Persahabatan dalam Film Bebas Melalui Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure


Oleh :
Husna Nur Amalina - D0216043 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Manusia sebagai makhluk sosial saling membutuhkan satu sama lain dan tidak bisa hidup secara individual, sehingga muncul interaksi antar manusia satu dengan yang lainnya. Dalam berinteraksi, terdapat pesan moral yang pasti disampaikan. Pesan moral tidak hanya dapat diberikan ketika berinteraksi melalui komunikasi, namun dapat melalui media. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau meneruskan pesan moral adalah film. Film dapat dijangkau oleh banyak khalayak sehingga berpotensi untuk menyampaikan pesan moral. 
Film persahabatan yang ada di tanah air salah satunya adalah film Bebas. Film ini menceritakan kisah persahabatan 5 siswa SMA, yaitu Vina, Kris, Jessica, Gina, dan Jojo yang dipertemukan kembali ketika mereka dewasa. Adapun penelitian ini ditujukan untuk mengetahui representasi persahabatan yang ada dalam film Bebas. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan melakukan dokumentasi pada film Bebas. Sedangkan subjek penelitian yaitu adegan-adegan yang merepresentasikan persahabatan. Metode analisis yang peneliti gunakan yaitu dengan analisis semiotika Ferdinand De Saussure, dimana terdapat penanda (signifier) dan petanda (signified) pada setiap adegan yang merepresentasikan persahabatan. 
Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti bahwa persahabatan dalam film Bebas direpresentasikan dalam lima nilai-nilai persahabatan, yaitu berguna dan kebermanfaatan (utility) dengan memberikan bantuan tanpa pamrih mengharapkan imbalan, penguatan (affirmation) dapat membuat sahabatnya berfikir positif dan termotivasi, dukungan emosional (ego support) dapat membentuk kepedulian satu sama lain dan dapat menyelesaikan masalah dalam diri, dorongan (stimulations) dapat menjadikan pribadi lebih percaya diri dan tidak merasa kesepian, dan yang terakhir keamanan (security) dengan memberikan rasa aman apabila berada di dekat sahabat. Secara umum terdapat tanda verbal dan visual pada penanda (signifier)  yang menampilkan kegiatan-kegiatan persahabatan. Lalu petanda (signified) yang terdapat konsep representasi persahabatan pada film Bebas yang mengajarkan untuk menjalani dan  menjalin persahabatan dengan baik.

Kata Kunci: representasi, persahabatan, film, semiotika