;

Abstrak


Analisis Wacana Toleransi dalam Buku Teks Sejarah Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)


Oleh :
Shinta Murti Melida Yasi - S861602030 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian   ini   bertujuan   untuk:   (1)   mengetahui   alasan   yang   melatar belakangi disusunnya buku teks Sejarah Indonesia SMA; (2) mengetahui pengembangan instrumen nilai-nilai Toleransi dalam buku teks Sejarah Indonesia SMA; (3) mengetahui penggambaran dan representasi nilai-nilai Toleransi dalam buku teks Sejarah Indonesia SMA.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Sejarah Indonesia untuk SMA kurikulum 2013. Data dalam penelitian ini adalah data tulis yang berupa kata-kata, kalimat-kalimat, paragraf, dan wacana buku teks   yang di dalamnya terdapat struktur teks dan konteks yang membangun wacana. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pustaka dan teknik simak-catat dengan sumber tertulis Buku teks sejarah Indonesia untuk SMA.
Hasil  penelitian  ini  adalah:  (1)  Penerbitan  buku  teks  Sejarah  Indonesia untuk SMA merupakan bagian dari implementasi Kurikulum 2013 yang bertujuan untuk  mempersiapkan  manusia  Indonesia  agar  memiliki  kemampuan  hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. (2) Nilai-nilai  toleransi selain dikembangkan pada setiap  materi  pembelajaran  juga ditanamkan  melaui  instrumen-instrumen lain di dalam buku teks. Instrumen tersebut dapat berupa soal-soal, penugasan, narasi pembuka maupun kolom informasi yang tercantum dalam buku teks. (3) Nilai-nilai toleransi dalam buku teks sejarah Indonesia direpresentasikan dalam tema-tema seperti tema-tema akutlurasi, multikulturalisme, persatuan, kesatuan, nasionalisme dan sebagianya. Lebih lanjut buku teks sejarah Indonesia merepresentasikan toleransi sebagai proses panjang yang berkelanjutan. Toleransi bukan hanya hasil dari proses panjang sejarah Indonesia. Tetapi merupakan proses yang terus berlanjut saat ini hingga pada masa yang akan datang.


Kata kunci: Toleransi, Buku Teks, Sejarah Indonesia.