;

Abstrak


Pengembangan Spasial Thinking Skill dengan Menggunakan Peta 3D Berbasis Problem Based Learning-Geographic Information System (PBL-GIS) pada Siswa SMA


Oleh :
Novika Imaniar - S881602011 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan efektivitas Spasial Thinking Skill dengan menggunakan media peta 3D berbasis Problem Based Learning-Geographic Information System (PBL-GIS) di SMA Jumapolo.
Penelitian ini  adalah Research and Development. Tahapan R&D menggunakan model pengembangan 3D. Populasi penelitian ini peserta didik adalah kelas X SMA Jumapolo tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling di SMA Jumapolo. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah hasil penilaian spatial thingking. Uji karakteristik produk melalui ahli dijabarkan dengan deskriptif kualitatif. Uji efektivitas menggunakan model pre test – posttest spatial tingking dan menggunakan analisis Uji T.
Penelitian ini menghasilkan uji-t spatial thinking menunjukkan bahwa pengembangan peta 3D berbasis Problem Based Learning-Geographic Information System (PBL-GIS) pada materi Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis untuk meningkatkan spatial thingking efektif digunakan di SMA Jumapolo dengan hasil t-hitung (10,244) > t-tabel (1,67) yang berarti Peta 3D berbasis PBL GIS efektif untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa dan dapat dikembangkan dalam proses belajar mengajar untuk menunjang pembelajaran geografi.
    
Kata Kunci: Media Peta 3D, PBL-GIS, Spatial Thingking