Abstrak


Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Pada Aplikasi Simkari di Kantor Kejaksaan Negeri Surakarta


Oleh :
Frastika Tri Utami - D1517033 - Sekolah Vokasi

Tujuan Pengamatan yang dilakukan oleh penulis di Kantor Kejaksaan Negeri Surakarta untuk mengetahui sistem informasi kepegawaian yang ada di Kejaksaan Negeri Surakarta. Penggunaan sistem ini tentunya akan lebih efisien dan efektif apabila dilakukan menggunakan sistem aplikasi. Penggunaan sistem informasi lebih efisien karena dapat mempercepat penyampaian informasi dengan jangkauan yang luas dan transparansi. 
Jenis pengamatan yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu dengan pengamatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dilakukan dengan menggunakan metode wawacara, observasi berperan aktif, mengkaji dokumen dan arsip dan perekaman. Proses yang dilakukan penulis dalam pengamatan meliputi mengamati sistem yang digunakan dalam menggunakan sistem informasi kepegawaian seperti dalam meng-entry biodata pegawai, golongan atau pangkat pegawai, daftar riwayat hidup pegawai dll.
Hasil dari pengamatan yang dilakukan penulis dalam mendeskripsikan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di dapatkan hasil untuk memudahkan proses administrasi data pegawai, karena penggunaan aplikasi ini sangat mudah, efektif serta efisien. Dapat memudahkan pekerjaan pegawai tanpa harus menggunakan metode yang manual. Sistem Informasi Manajemen Kejaksaan Republik Indonesia (SIMKARI) adalah apliksi atau alat bantu dalam pengelolaan administrasi secara komputerisasi yang terintegrasi ke seluruh unit kerja di Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia. Bertujuan untuk mengelola seluruh data informasi Kejaksaan Republik Indonesia yang dapat disajikan secara cepat, lengkap dan akurat. SIMKARI dapat menunjang kemudahan dan keefektifan berlangsungnya seluruh kegiatan kepegawaian yang ada di Kejaksaan Negeri Surakarta. Sedangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) atau Aplikasi Kepegawaian berfungsi untuk mengelola, merekan dan meng-entry data/informasi terkait administrasi kepegawaian di Kejaksaan Republik Indonesia. Dengan adanya SIMPEG maka dapat terwujud database kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi. Mengetahui bagaimana sistem tersebut berjalan dan apakah fungsi dari sistem tersebut. Mengetahui apa sajakah yang terdapat di dalam sistem dan bagaimana langkah-langkahnya, serta dapat meningkatkan pelayanan kepegawaian sesuai hak-hak pegawai dan tata pemerintahan yang lebih baik. 

Kata Kunci: Sistem Informasi Kepegawaian